DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES |
Edisi | Vol.7/NO.2/September 2014 |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | 1979-9594 |
Pengarang | Suyoto M.Pd Mita Hapsari Jannah SSi, M.Pd |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Jurnal |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Universitas Negeri Yogyakarta |
Tahun Terbit | 2014 |
Tempat Terbit | Yogyakarta |
Kolasi | Hal.:75-81 |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran matematika kompetensi jarak, waktu, dan kecepatan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D (four D model) yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SD Negeri Purworejo. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, lembar validasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Pada tahap define, dilakukan penelahaan kurikulum kompetensi jarak, waktu, dan kecepatan. Hasil dari tahap define dijadikan sebagai acuan perancangan multimedia. Tahap design kemudian menghasilkan draft-I. Pada tahap development draft-I dinilaikan pada validator. Secara umum, validator menilai bahwa multimedia draft-I sudah sesuai dengan SK dan KD serta telah menggunakan bahasa yang baik dan tidak membingungkan siswa. Masukan dari validator meliputi: menambah materi mengenai operasi jam, menambah durasi waktu media, dan memperhatikan jeda waktu antar tampilan sehingga siswa memiliki kesempatan waktu yang cukup untuk memperhatikan secara seksama. Selanjutnya dilakukan revisi terhadap draft-I sehingga diperoleh draft-II. Draft-II diujicobakan kepada 12 siswa kelas 5 A SD N Purworejo. Dalam tahap tersebut dilakukan observasi mengenai penggunaan multimedia. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa tertarik dan antusias selama proses pembelajaran serta 100% siswa suka dengan multimedia yang digunakan. Draft-II selanjutnya direvisi menjadi draft-III. Draft-III diujicobakan kepada seluruh siswa kelas 5 SD N Purworejo. Hasil uji coba diperoleh tobs = 11,537 dengan ttab = 1,670 sehingga H0 ditolak, artinya prestasi siswa yang dikenai pembelajaran dengan multimedia lebih baik daripada prestasi siswa yang tidak dikenai pembelajaran dengan multimedia. Pada tahap dessiminate penyebaran dilakukan penyerahan produk, pelatihan pada guru SD, dan melalui seminar. Kata kunci: pengembangan, multimedia, multiple intelligences |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |