DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MULTISENSORI DI KELOMPOK BERMAIN TANJUNG RIA NANGGULAN |
Edisi | Vol:1, No:1 Desember 2015 |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | 2477-829X |
Pengarang | Suyoto M.Pd Premi Rahayu |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Jurnal |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Purworejo |
Tahun Terbit | 2015 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | Hal.:59-80 |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman anak dalam mengenal konsep bilangan matematika melalui pendekatan multisensori, dengan rumusan masalah sebagai berikut: “Apakah pendekatan multisensori dapat meningkatkan pemahaman anak dalam mengenal konsep bilangan matematika?” Pemahaman anak dalam bilangan merupakan kemampuan dalam membuat hubungan antara hitungan dan jumlah, ditandai dengan pemahaman konsep lebih (more) dan kurang (less), Konsep bilangan matematika adalah suatu ide atau buah pikiran yang menggambarkan jumlah atau banyaknya sesuatu, yang dapat disimbolkan menggunakan sebuah lambang bilangan atau angka. Pendekatan multisensori adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan konsentrasi anak dengan melibatkan penggunaan beberapa alat indra pada saat anak belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di KB Tanjung Ria Desa Tanjungharjo Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo. Subjek penelitian ini adalah anak KB Tanjung Ria yang berjumlah 10 anak. Data pelaksanaan perbaikan pembelajaran dikumpulkan melalui metode observasi dan catatan lapangan, selanjutnya data pemahaman anak diperoleh melalui tabulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif yaitu membandingkan hasil capaian anak dengan indikator yang ditargetkan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman anak dalam mengenal konsep bilangan matematika melalui pendekatan multisensori. Hal ini diketahui dari hasil setiap siklus, yaitu siklus I rata-rata pemahaman anak dalam mengenal konsep bilangan dengan metode multisensori 64,375 % , siklus II meningkat menjadi 77,5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman anak dalam mengenal konsep bilangan matematika melalui pendekatan multisensori di Kelompok Bermain Tanjung Ria Tahun Ajaran 2013/2014. Kata Kunci: pemahaman anak; konsep bilangan matematika; pendekatan multisensori. |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |