Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MULTISENSORI DI KELOMPOK BERMAIN TANJUNG RIA NANGGULAN
Edisi Vol:1, No:1 Desember 2015
No. Panggil
ISBN/ISSN 2477-829X
Pengarang Suyoto M.Pd
Premi Rahayu
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Jurnal
Bahasa Indonesia
Penerbit Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2015
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi Hal.:59-80
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman anak dalam mengenal konsep bilangan matematika melalui pendekatan multisensori, dengan rumusan masalah sebagai berikut: “Apakah pendekatan multisensori dapat meningkatkan pemahaman anak dalam mengenal konsep bilangan matematika?” Pemahaman anak dalam bilangan merupakan kemampuan dalam membuat hubungan antara hitungan dan jumlah, ditandai dengan pemahaman konsep lebih (more) dan kurang (less), Konsep bilangan matematika adalah suatu ide atau buah pikiran yang menggambarkan jumlah atau banyaknya sesuatu, yang dapat disimbolkan menggunakan sebuah lambang bilangan atau angka. Pendekatan multisensori adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan konsentrasi anak dengan melibatkan penggunaan beberapa alat indra pada saat anak belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di KB Tanjung Ria Desa Tanjungharjo Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo. Subjek penelitian ini adalah anak KB Tanjung Ria yang berjumlah 10 anak. Data pelaksanaan perbaikan pembelajaran dikumpulkan melalui metode observasi dan catatan lapangan, selanjutnya data pemahaman anak diperoleh melalui tabulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif yaitu membandingkan hasil capaian anak dengan indikator yang ditargetkan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman anak dalam mengenal konsep bilangan matematika melalui pendekatan multisensori. Hal ini diketahui dari hasil setiap siklus, yaitu siklus I rata-rata pemahaman anak dalam mengenal konsep bilangan dengan metode multisensori 64,375 % , siklus II meningkat menjadi 77,5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman anak dalam mengenal konsep bilangan matematika melalui pendekatan multisensori di Kelompok Bermain Tanjung Ria Tahun Ajaran 2013/2014. Kata Kunci: pemahaman anak; konsep bilangan matematika; pendekatan multisensori.
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya