DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | Reaktualisasi Pembelajaran Bahasa Daerah sebagai Upaya Pelestarian dan Pembentukan Karakter melalui Pemanfaatan Strategi “routines and patterns” |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | 978-602-8460-31-6 |
Pengarang | Yuli Widiyono, M,Pd. |
Subyek/Subjek | Bahasa Jawa |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Makalah Seminar (Prosiding) |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Universitas Pendidikan Indonesia |
Tahun Terbit | 2015 |
Tempat Terbit | Bandung |
Kolasi | Hal.710-719 |
Catatan | |
Detil Spesifik | Abstrak:ABSTRAK Tujuan dari makalah ini adalah mendeskripsikan reaktualisasi pembelajaran bahasa daerah sebagai upaya pelestarian dan pembentukan karakter melalui pemanfaatan strategi “routines and patterns”. Makalah ini diharapkan memberi kontribusi dan partisipasi di dalam konferensi internasioanl bahasa, sastra, dan budaya daerah dengan topik Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Bahasa, Sastra, dan Budaya Daerah sebagai Pilar Pendidikan Berbasis Etnopedagogik” di Universitas Pendidikan Indonesia. Mengangkat kembali nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran bahasa Daerah melalui strategi routines and patterns diharapkan dapat memberikan peran terhadap upaya pelestarian dan pembetukan karakter peserta didik. Krashen (2002: 9) menyatakan Routines and patterns sebagai konsep strategi komunikatif dapat diterapkan di dalam kelas, dapat membantu dalam membangun dan mempertahankan hubungan sosial. Penggunaan bahasa Daerah dalam pembelajaran sebagai rutinitas berkomunikasi akan sangat penting untuk mendukung kompetensi komunikatif dan menanamkan kepedulian terhadap nilai-nilai kearifan lokal. Bahasa daerah dengan nilai–nilai kearifan lokal memiliki kontribusi besar terhadap kekayaan budaya nasional. Peran pentingnya kebijakan pemerintah dalam membina dan memelihara kekayaan daerah memberikan dampak terhadap kelangsungan bahasa, sastra, dan budaya daerah. Dengan mengilhami dan mengaplikasikan bahasa daerah dalam komunikasi diharapkan mampu memberikan peran yang banyak dalam meningkatkan budi pekerti, sehingga mampu mendukung terciptanya bangsa yang bermartabat dan memiliki karakter yang kuat dengan nilai bahasa, sastra, budaya yang adiluhung. Kata kunci: Pembelajaran bahasa Daerah, karakter, routines and patterns |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |