DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF BERHURUF JAWA MELALUI MODEL NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 1 SRUWENG KABUPATEN KEBUMENTAHUN AJARAN2012/ 2013 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | KHUSNI UMAYA |
Subyek/Subjek | Bahasa Jawa |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK Khusni Umaya. Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Berhuruf Jawa Melalui Model NHT (Numbered Head Together) Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Sruweng Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi. Pendidikan Bahasa Jawa. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012 Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) langkah-langkah model NHT (NumberedHeadTogether) pada keterampilan menulis paragraf berhuruf Jawa pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sruweng; (2) peningkatan kemampuan menulis paragraf berhuruf Jawa dengan menggunakan model NHT (Numbered Head Together); dan (3) peningkatan motivasi belajar menulis paragraf berhuruf Jawa setelah menggunakan model NHT (Numbered Head Together). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sruweng tahun ajaran 2012/ 2013 pada materi menulis paragraf berhuruf Jawa melalui model NHT (Numbered Head Together). Penelitian Tindakan Kelas ini dalam tiga tahap yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan, sedangkan nontes berupa observasi, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa teknik analisis deskriptif untuk menganalisis data keterampilan menulis paragraf berhuruf Jawa melalui model NHT (Numbered Head Together). Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata dari tahap pra siklus 35,16, siklus I 72, siklus II 84,42. Peningkatan dari pra siklus sampai siklus I 36,84, peningkatan siklus I sampai siklus II 12,42. Sedangkan ketuntasan dari pra siklus 6,25%, siklus I 46,88%, siklus II 87,50%. Peningkatan dari pra siklus sampai siklus I 40,64%, dari siklus I sampai siklus II 40,62%. Selain itu juga terjadi peningkatan motivasi belajar dari siklus I sampai siklus II yaitu siswa tertarik mengikuti pelajaran bahasa Jawa pada pilihan sangat setuju sebesar 18,75%. Fakta inilah yang menunjukkan bahwa model NHT diterima, berarti pembelajaran menulis paragraf berhuruf Jawa melalui model NHT lebih baik dibandingkan sebelumnya. Kata-kata kunci: Menulis Paragraf Berhuruf Jawa, Model NHT |
Gambar Sampul | ![]() |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |