DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI I SADANG KEBUMEN TAHUN AJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Erik Puji Lestari |
Subyek/Subjek | Bahasa Jawa |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK Erik Puji Lestari. Upaya Peningkatan Menulis Aksara Jawa Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri I Sadang Kebumen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menulis aksara Jawa dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas VIII C SMP Negeri I Sadang Kebumen Tahun 2011/2012; (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis aksara Jawa siswa kelas VIII C SMP Negeri I Sadang Kebumen Tahun 2011/2012 setelah mendapat pembelajaran menggunakan media audio visual? (3) mendeskripsikan peningkatan minat menulis aksara Jawa siswa kelas VIII C SMP Negeri I Sadang Kebumen Tahun 2011/2012 setelah mendapat pembelajaran menggunakan media audio visual. Penelitian yang dilakukan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teori yang dijadikan acuan adalah teori Arikunto (2008) yang menjelaskan bahwa PTK adalah penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes yaitu memberikan tes kepada siswa setiap akhir pembelajaran serta menggunakan instrumen nontes yaitu menggunakan lembar observasi dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif komparatif, dengan menggunakan rumus perhitungan rata-rata (mean). Langkah-langkah pembelajaran menggunakan media audio visual yaitu (a) kegiatan prasiklus merupakan pembelajaran menulis aksara Jawa tanpa menggunakan media; (b) kegiatan siklus I, pembelajaran menggunakan media audio visual dengan materi aksara carakan, sandhangan swara, sandhangan panyigeging wanda, dan sandhangan wyanjana; (c) kegiatan siklus II, pembelajaran menggunakan media audio visual dengan materi siklus I ditambah dengan pasangan aksara Jawa. Hasil tes kemampuan menulis aksara Jawa pada kegiatan prasiklus menunujukan rata-rata nilai kelas sebesar 61.6%, mengalami peningkatan rata-rata kelas sebesar 72,8% pada kegiatan siklus I. Rata-rata siswa meningkat kembali menjadi 77.1% pada kegiatan siklus II. Selanjutnya dari hasil minat siswa menulis aksara Jawa dilihat dari segi perhatian baik hanya ada 5 siswa, dilihat dari segi keaktifan baik hanya ada 4 siswa pada kegiatan prasiklus. Terdapat peningkatan minat siswa pada kegiatan siklus I yaitu dari segi perhatian baik ada 14 siswa, dan dari segi keaktifan baik ada 13 siswa. Minat siswa mendapat peningkatan kembali pada kegiatan siklus II, dari segi perhatian baik ada 26 siswa, dan keaktifan baik ada 24 siswa. Jadi, dapat diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan media audio visual mampu meningkatkan kemampuan dan minat belajar siswa SMP Negeri I Sadang Kebumen. Kata Kunci : menulis aksara Jawa melalui media Audio Visual |
Gambar Sampul | ![]() |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |