DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVELEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUSBIMA KECAMATAN KUTOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Susi Pujirahayu |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK Susi Pujirahayu. Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Materi Bangun Ruang Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD se-Gugus Bima Kecamatan Kutowinangun Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada strategi pembelajaran ekspositori pada materi bangun ruang Kelas IV SD se-Gugus Bima Kecamatan Kutowinangun tahun pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Gugus Bima Kecamatan Kutowinangun Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 93 orang. Sampel penelitianadalah siswa kelas IV SD N 1 Pejagatan dan SD N 2 Pejagatan yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknikstratified cluster random sampling.Instrumen penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda berjumlah 21 soal yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat tingkat kesukaran, daya pembeda, validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji t. Uji prasyarat analisis variansi menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Barlett untuk uji homogenitas. Dengan = 0,05,diperoleh sampel yang berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai pada kelas eksperimen 73,75 dan pada kelas kontrol 55.Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan t = 2,648dan t = 1,645 sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara umum penerapan strategi pembelajaran STADmemberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada strategi pembelajaran ekspositori pada materi bangun ruang Kelas IV SD se-Gugus Bima kecamatan Kutowinangun tahun pelajaran 2011/2012. Kata kunci: prestasi belajar, strategi pembelajaran STAD |
Gambar Sampul | ![]() |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |