Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EKSPERIMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATERI BANGUN DATAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 8 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang SRI LESTARI
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Sri Lestari. Eeksperimentasi Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Materi Bangun Datar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model cooperative learning tipe Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model konvensional terhadap materi bangun datar pada siswa kelas VII semester II SMP Negeri 8 Purworejo. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Purworejo tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 192 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak 2 kelas yang masing-masing kelas berjumlah 32 siswa. Sampel diambil secara cluster random sampling, yaitu sampel diambil secara acak dari ke-6 kelas tersebut sehingga diperoleh 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes pilihan ganda materi bangun datar yang berjumah 40 soal dengan 4 alternatif pilihan jawaban. Instrumen tes diuji cobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Validitas tes di uji dengan rumus product moment, diperoleh nilai validitas sebesar 0,71 termasuk dalam korelasi tinggi, sedangkan reliabilitas tes diuji dengan rumus KR-20, diperoleh nilai 0,76 termasuk dalam kategori tinggi. Dari perhitungan daya pembeda dan tingkat kesukaran, diperoleh soal yang diterima sebanyak 26 soal. Uji Prasyarat analisis dalam penelitian ini menggunakan uji Liliefors untuk Uji Normalitas dan Uji Barllet untuk Uji Homogenitas. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel yang berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Dari hasil ini diperoleh thitung = 3,25 dan ttabel = t(0,05)(62)= 1,645. Kriteria penguji diterima jika thitung < ttabel. Karena pada penelitian ini thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Terlihat bahwa prestasi kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan prestasi kelompok kontrol. Dengan demikian dalam penelitian ini, prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional pada siswa kelas VII semester II SMP Negeri 8 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Kata Kunci : Pembelajaran, Jigsaw, Prestasi Belajar.
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya