Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KARAKTER BELAJAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI SE- KECAMATAN KALIGESING TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Qurotuh Ainia
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Qurotuh Ainia. Eksperimentasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Matematika ditinjau dari Karakter Belajar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Kaligesing Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah prestasi belajar matematika dengan model AIR lebih baik daripada model konvensional. (2) apakah prestasi belajar matematika dengan karakter belajar membudaya (MK) lebih baik dari mulai berkembang (MB), mulai terlihat (MT), dan belum terlihat (BT). (3) interaksi antara model pembelajaran dengan karakter belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Kaligesing. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini 52 siswa yang terdiri dari 28 siswa untuk kelompok eksperimen dan 24 siswa kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa angket karakter belajar dan tes prestasi belajar matematika. Instrumen diuji cobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Validitas angket dilakukan dengan konsistensi internal dan reliabilitas angket menggunakan rumus alpha. Sedangkan untuk tes prestasi belajar validitas instrumen dilakukan dengan product moment, Reliabilitas tes diuji menggunakan rumus KR-20. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data prestasi belajar matematika, metode angket untuk data karakter belajar serta metode dokumentasi untuk mengetahui nilai ujian semester 1 matematika siswa yang digunakan untuk menguji keseimbangan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi (Anava) dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai tindak lanjut dari Anava dilakukan uji scheffe. Hasil penelitian dengan  = 0.05, menyimpulkan bahwa: (1) obs = 17.018 > tabel = 4.08 sehingga Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran AIR dan model konvensional, dilihat dari rataan marginalnya bahwa model pembelajaran AIR lebih baik dari model konvensional. (2) obs = 17.015 > tabel = 2.48 maka ditolak yang berarti tidak semua karakter belajar memberikan efek yang sama terhadap prestasi belajar siswa, maka dilakukan uji scheffe dan didapat prestasi belajar matematika untuk karakter belajar membudaya (MK) lebih baik dari mulai berkembang (MB), mulai terlihat (MT), dan belum terlihat (BT). (3) obs = 0.781 < tabel = 2.48 sehingga Ho diterima yang berarti tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan karakter belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Kata Kunci: Pembelajaran AIR, Karakter Belajar, Prestasi Belajar
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya