DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK KELAS VIII MTS MA’ARIF PENGEMPON KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | HARYANTI |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK: Haryanti. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII MTs Ma’arif Pengempon Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII MTs Ma’arif Pengempon tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MTs Ma’arif Pengempon Kebumen kelas VIII B tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 2 metode, yaitu metode tes dan metode dokumentasi. Metode dokumentasi berpedoman pada lembar observasi siswa dan guru. Sedangkan metode tes menggunakan nilai ulangan pada masing-masing siklus. Soal tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda berjumlah 30 soal. Perhitungan validitas menggunakan rumus korelasi product moment dengan angka kasar, sedangkan perhitungan reliabilitas menggunakan rumus KR-20. Data awal diambil dari nilai ulangan pada pokok bahasan sebelumnya. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan rumus rerata. Hasil penelitian diperoleh bahwa rerata prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 57,43 dengan ketuntasan klasikal 38,46%. Sedangkan pada siklus II rerata prestasi belajar siswa mencapai 69,36 dengan ketuntasan klasikal 69,23%. Hal ini menunjukan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Jadi, model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII B MTs Ma’arif Pengempon Kebumen tahun pelajaran 2011/2012. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe TPS, prestasi be |
Gambar Sampul | ![]() |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |