DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Menggunakan Lab Mini Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Segitiga Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 32 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Ganjar Rahayu |
Subyek/Subjek | Matematika] |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK: Ganjar Rahayu. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Menggunakan Lab Mini Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Segitiga Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 32 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Sray menggunakan Lab Mini lebih baik daripada prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran konvensional pada materi segitiga kelas VII semester II SMP Negeri 32 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 32 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 216 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cluster sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 73 siswa yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen berupa dokumen dan tes prestasi belajar matematika yang telah memenuhi validitas item soal dan reliabilitas. Teknik analisis data dengan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Bartlett untuk uji homogenitas. Dengan = 0.05 diperoleh sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan dengan rumus t dan = 0.05. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 2.113 > 1.645 = ttabel. Berarti prestasi belajar matematika siswa pada materi segitiga dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray menggunakan Lab Mini lebih baik daripada prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional. Dari rataan marginalnya, rerata prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray menggunakan Lab Mini diperoleh 51.527, sedangkan rerata prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran konvensional diperoleh 43.648. Kata Kunci : Pembelajaran, Two Stay Two Stray, Konvensional. |
Gambar Sampul | ![]() |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |