DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION MATERI LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 25 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | ERMYLLA ZUNI LESTARI |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK: Ermylla Zuni Lestari. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Student Teams Achievement Division Materi Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP N 25 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional pada materi lingkaran kelas VIII semester II SMP N 25 Purworejo. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII semester II SMP N 25 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 berjumlah 7kelasdiambilsampelsebanyak2 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified cluster random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode tes dan metode dokumentasi. Teknik prasyarat analisis variansi yaitu uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil komputasi diperoleh Lobs untuk kelas STAD sebesar 0,1019 sedangkan Ltabel sebesar 0,1566. Untuk kelas konvensional diperoleh Lobs sebesar 0,1540 sedangkan Ltabel sebesar 0,1591. Dari kedua uji normalitas didapat kesimpulan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh χ2 obs sebesar 2,0364 sedangkan χ2 tabel sebesar 3,841, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa variansi populasi homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji t. Dari rerata prestasi belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran STAD sebesar 74,63 dan stadar deviasi sebesar 7,64 dan rerata prestasi belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional sebesar 62,58 dan standar deviasi 9,99 maka didapat hasil pengolahan data dengan tobs sebesar 5,3876 sedangkan ttabel sebesar 1,645. Sehingga tobs> ttabel, terjadi penerimaan H1maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional pada materi lingkaran kelas VIII semester II SMP N 25 Purworejo. Kata Kunci : Model Pembelajaran, STAD, Lingkaran |
Gambar Sampul | ![]() |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |