DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS BODEN POWEL KECAMATAN GEBANG KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Endar Milasari |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK: Endar Milasari. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Materi Bangun Ruang Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Se Gugus Boden Powel Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik dibanding prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pengajaran langsung pada materi Bangun Ruang Sederhana pada siswa kelas IV SD N Se-gugus Boden Powel Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Se-gugus Boden Powel Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Dengan teknik sampling simple random sampling dipilih dua sekolah sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes kemudian dilakukan analisis untuk merumuskan hasil penelitian. Pada akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembedanya. Metode tes dilakukan untuk memperoleh data nilai akhir setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, analisis data dengan uji normalitas, uji kesamaan dua varians (uji homogenitas), dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan uji beda dua rata-rata (uji pihak kanan) dengan n1 = 22, n2 = 16 taraf signifikansi 5% dan dk =36, diperoleh thitung = 2,156>ttabel = 1,68830. Sedangkan dengan melihat nilai rata-rata dari kedua kelompok dimana rerata kelas eksperimen = 72,727 dan rata-rata kelas kontrol = 59,375, kesimpulan sebagai berikut: prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran group investigation lebih baik dibanding prestasi belajar matematika dengan menggunakan model pengajaran langsung pada sub pokok bahasan sifat-sifat dan bangun ruang sederhana. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI), Pengajaran Langsung, Prestasi Belajar, Sifat-Sifat dan Bangun Ruang Sederhana |
Gambar Sampul | ![]() |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |