DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SEGITIGA KELAS VII SMP NEGERI 26 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Ageng Puspa Anindhita |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | |
GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK: Ageng Puspa Anindhita. “Eksperimentasi Metode Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segitiga Kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang dikenai metode NHT (Numbered Heads Together) lebih baik dibandingkan siswa yang dikenai metode ceramah pada pokok bahasan bangun datar segitiga siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo yang berjumlah 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes prestasi belajar matematika. Instrumen diujicobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Validitas instrument tes diuji dengan korelasi product- moment memakai angka kasar dan reliabilitas tes diuji dengan KR-20. Data awal penelitian ini adalah nilai ulangan akhir semester I. selanjutnya dilakukan uji keseimbangan dengan uji t. diperoleh bahwa kedua kelas berasal dari populasi yang memiliki kemampuan awal yang sama (seimbang). Setelah kelas eksperimen diberi perlakuan dengan metode pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dan kelas kontrol diberi pembelajaran matematika dengan metode caramah, kedua kelas diberi tes prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun datar segitiga. Hasil tes prestasi belajar siswa tersebut di lakukan uji normalitas dan uji homogenitas variansi, diperoleh kedua kelas tersebut normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji |
Gambar Sampul | ![]() |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |