DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | PENINGKATAN PEMAHAMAN SAINS (FISIKA) MELALUI PRAKTIKUM PADA SISWA KELAS IXA SMPN 5 WATES |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | R. Wakhid Akhdinirwanto |
Subyek/Subjek | |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Makalah Seminar (Prosiding) |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Prodi Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo |
Tahun Terbit | 2010 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | Abstrak: Pembelajaran Sains (Fisika) di SMPN 5 Wates selama ini hanya menekankan pada materi yang bersifat teoritis saja. Guru hanya memberikan rumus kemudian menyuruh siswa mengerjakan soal. Kegiatan pembelajaran semacam ini, membuat siswa tidak pernah bertanya, sehingga pemahaman sains rendah. Karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan pemahaman sains siswa kelas VIIIA tahun pelajaran 2008/2009. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah peningkatan pemahaman sains (fisika) melalui praktikum pada siswa kelas VIIIA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan setting SMPN 5 Wates yang beralamat di Tambak Triharjo, Wates, Kulonprogo. dengan subyek penelitian siswa kelas VIII A SMPN 5 Wates yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pemahaman sains (fisika) siswa meningkat dan digolongkan dalam kategori baik serta > 60 % siswa sudah memenuhi syarat ketuntasan belajar siswa. Pada siklus II, siswa sudah mulai dapat mempersiapkan materi pelajaran dengan baik. Saran yang dapat diberikan, sebaiknya guru sering melakukan pembelajaran dengan praktikum, sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman sains siswa. |
Gambar Sampul | ![]() |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |