DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | PEMBELAJARAN DENGAN METODE PORTOFOLIO |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | R. Wakhid Akhdinirwanto |
Subyek/Subjek | |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Makalah Seminar (Prosiding) |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Fakultas sains dan matematika Universitas Kristen Satya Wacana |
Tahun Terbit | 2010 |
Tempat Terbit | Salatiga |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | Abstrak: Dalam peningkatan mutu pendidikan diperlukan perubahan pola pikir dalam proses belajar mengajar. Pada masa lalu proses belajar mengajar terpusat pada guru dan kurang terpusat pada siswa. Akibatnya kegiatan belajar mengajar lebih menekankan pengajaran dari pada pembelajaran. Untuk itu, diperlukan metode pembelajaran yang efektif, yang salah satunya adalah dengan metode portofolio. Portofolio merupakan kumpulan pekerjaan peserta didik dengan maksud tertentu dan terpadu yang diseleksi menurut panduan-panduan yang ditentukan. Portofolio biasanya merupakan karya terpilih dari seorang siswa atau bisa juga karya terpilih dari satu kelas yang bekerja secara kooperatif membuat kebijakan untuk memecahkan masalah. Model pembelajaran portofolio dilatarbelakangi oleh empat pilar pendidikan dari UNESCO; pandangan konstruktivisme; dan Democratic Teaching. Sedang prinsip-prinsipnya adalah prinsip belajar siswa aktif (student active learning), kelompok belajar kooperatif (cooperative learning), pembelajaran partisipatorik, mengajar yang reaktif (reactive teaching), dan prinsip belajar yang menyenangkan (joyfull learning). Dengan model pembelajaran ini dapat menjadi program pendidikan bagi guru-guru SD untuk mendorong tumbuhnya kompetensi, tanggung jawab dan partisipasi peserta didik, belajar menilai, dan memberanikan diri untuk berperan serta dalam kegiatan antarsiswa, antarsekolah dan antaranggota masyarakat. Kata-kata kunci: Pembelajaran,metode portofolio. |
Gambar Sampul | ![]() |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |