Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PEMBELAJARAN MODEL DISKUSI UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA INTI MAHASISWA UMP
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang R. Wakhid Akhdinirwanto
Subyek/Subjek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Makalah Seminar (Prosiding)
Bahasa Indonesia
Penerbit Himpunan Fisika Indonesia Cabang Jateng-DIY
Tahun Terbit 2010
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik Abstrak: Selama ini sebagian besar dosen, termasuk dosen pendidikan fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo mengajar dengan model ceramah dan mencatat di papan tulis. Padahal berbagai model pembelajaran telah banyak diberikan, bahkan digunakan untuk penelitian dalam bidang pendidikan. Tapi begitu bertugas mengajar, dosen belum mampu mengaplikasikan dalam rutinitas kerja sehari-hari. Banyak alasan yang diberikan, salah satunya adalah bahwa dosen dalam memberikan perkuliahan mengejar target materi ajar. Oleh karena itu wajar kalau kemudian mahasiswa tidak menguasai materi ajar yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran diskusi untuk peningkatan pemahaman fisika inti mahasiswa UMP. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan di program studi pendidikan fisika. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan fisika semester VII, yang saat ini sedang menempuh matakuliah fisika inti, yang jumlahnya 23 mahasiswa, 6 laki-laki dan 17 perempuan. Waktu penelitian September – Nopember 2009. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi scenario pembelajaran, dan alat evaluasi. Kegiatan mahasiswa dan dosen secara rinci dipandu dalam scenario pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah bahwa melalui penerapan model pembelajaran diskusi dapat meningkatkan pemahaman fisika inti mahasiswa UMP. Sebelum dilakukan penelitian rata-rata prestasi belajar fisika inti mahasiswa fisika UMP kurang dari 53. Pada siklus I rata-rata prestasi belajar fisika inti 53 dan pada siklus II rata-ratanya meningkat menjadi 66,5. Selanjutnya, disarankan kepada dosen fisika inti untuk menggunakan diskusi dalam melakukan proses perkuliahan. Sebab dengan meningkatnya prestasi belajar akan meningkatkan kualitas pendidikan di program studi fisikaUMP. Kata-kata kunci: peningkatan prestasi belajar, diskusi.
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya