DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | PEMBELAJARAN MODEL DISKUSI UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA INTI MAHASISWA UMP |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | R. Wakhid Akhdinirwanto |
Subyek/Subjek | |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Makalah Seminar (Prosiding) |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Himpunan Fisika Indonesia Cabang Jateng-DIY |
Tahun Terbit | 2010 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | Abstrak: Selama ini sebagian besar dosen, termasuk dosen pendidikan fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo mengajar dengan model ceramah dan mencatat di papan tulis. Padahal berbagai model pembelajaran telah banyak diberikan, bahkan digunakan untuk penelitian dalam bidang pendidikan. Tapi begitu bertugas mengajar, dosen belum mampu mengaplikasikan dalam rutinitas kerja sehari-hari. Banyak alasan yang diberikan, salah satunya adalah bahwa dosen dalam memberikan perkuliahan mengejar target materi ajar. Oleh karena itu wajar kalau kemudian mahasiswa tidak menguasai materi ajar yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran diskusi untuk peningkatan pemahaman fisika inti mahasiswa UMP. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan di program studi pendidikan fisika. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan fisika semester VII, yang saat ini sedang menempuh matakuliah fisika inti, yang jumlahnya 23 mahasiswa, 6 laki-laki dan 17 perempuan. Waktu penelitian September – Nopember 2009. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi scenario pembelajaran, dan alat evaluasi. Kegiatan mahasiswa dan dosen secara rinci dipandu dalam scenario pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah bahwa melalui penerapan model pembelajaran diskusi dapat meningkatkan pemahaman fisika inti mahasiswa UMP. Sebelum dilakukan penelitian rata-rata prestasi belajar fisika inti mahasiswa fisika UMP kurang dari 53. Pada siklus I rata-rata prestasi belajar fisika inti 53 dan pada siklus II rata-ratanya meningkat menjadi 66,5. Selanjutnya, disarankan kepada dosen fisika inti untuk menggunakan diskusi dalam melakukan proses perkuliahan. Sebab dengan meningkatnya prestasi belajar akan meningkatkan kualitas pendidikan di program studi fisikaUMP. Kata-kata kunci: peningkatan prestasi belajar, diskusi. |
Gambar Sampul | ![]() |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |