DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | PENGARUH PENGETAHUAN MENGGUNAKAN ALAT UKUR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR OTOMOTIF PADA STANDAR KOMPETENSI TUNE UP MOTOR BENSIN KONVENSIONAL SISWA TINGKAT XII SMK MUHAMMADIYAH PAGUYANGAN, KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | OONG KUNARKO |
Subyek/Subjek | Teknik Otomotif |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2011 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh antara variabel pengetahuan menggunakan alat ukur dan fasilitas belajar siswa diluar sekolah terhadap prestasi belajar otomotif standar kompetensi tune up motor bensin konvensional, (2) mengetahui pengaruh antara variabel pengetahuan menggunakan alat ukur terhadap prestasi belajar otomotif standar kompetensi tune up motor bensin konvensional, (3) mengetahui pengaruh antara variabel fasilitas belajar siswa diluar sekolah terhadap prestasi belajar otomotif standar kompetensi tune up motor bensin konvensional. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa tingkat XII jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Muhammadiyah Paguyangan sejumlah 115 siswa. Sampel diambil berdasarkan pada nomogram Harry King dan diperoleh hasil 91 siswa sebagai sampel. Dala penelitian ini ada dua variabel bebas yaitu pengetahuan menggunakan alat ukur dan fasilita belajar siswa diluar sekolah serta satu variabel terikat yaitu prestasi belajar otomotif standar kompetensi tune up motor bensin konvensional. Pengumpulan data untuk pengetahuan menggunakan alat ukur dan fasilitas belajar siswa diluar sekolah dilakukan dengan memberikan angket, sedangkan data prestasi belajar tune up menggunakan dokumentasi daftar nilai ujian praktek kompetensi tune up. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengetahuan menggunakan alat ukur dan fasilitas belajar siswa diluar sekolah terhadap prestasi belajar otomotif standar kompetensi tune up motor bensin konvensional. (2) secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengetahuan menggunakan alat ukur terhadap prestasi belajar otomotif standar kompetensi tune up motor bensin konvensional. (3) secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan fasilitas belajar siswa diluar sekolah terhadap prestasi belajar otomotif standar kompetensi tune up motor bensin konvensional. Jadi semakin tinggi pengetahuan menggunakan alat ukur dan fasilitas belajar siswa dilur sekolah bersama-sama (simultan) atau sendiri-sendiri (parsial) maka semakin tinggi pula prestas belajar otomotif standar kompetensi tune up motor bensin konvensional, demikian juga sebaliknya. Kata kunci: alat ukur, fasilitas belajar, tune up motor bensin konvensional |
Gambar Sampul | ![]() |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |